expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

CERPEN

Selasa, 26 Juni 2012

tentang bapak Backpacker Giovanni Francesco Gemelli Careri

Gambar ini diambil dari bukunya: "Giro Del Mondo"
Giovanni Francesco Gemelli Careri (1651-1725) adalah seorang petualang abad ketujuh belas Italia dan wisatawan. Dia termasuk orang Eropa pertama untuk tur dunia menggunakan transportasi publik; perjalanannya, dilakukan untuk kesenangan bukan keuntungan, mungkin telah mengilhami Seluruh Dunia dalam Delapan Hari. Beberapa mencurigainya sebagai mata-mata Vatikan perjalanannya.Giovanni Francesco Gemelli Careri pada usia 48 di tahun 1699.


Informasi biografisGemelli Careri lahir di Taurianova, 1651, dan meninggal di Naples, 1725. Ia memperoleh gelar doktor dalam hukum di College of Jesuit di Naples. Setelah menyelesaikan studinya ia secara singkat memasuki peradilan. Pada 1685 ia mengambil cuti untuk perjalanan sekitar Eropa (Prancis, Spanyol, Jerman, dan Hungaria). Di Hongaria ia terluka ketika pasukan Turki mengepung Buda.Pada tahun 1687 ia kembali ke Naples dan kembali memasuki peradilan. Dia juga mulai bekerja pada pertama dua buku: "Relazione delle Campagne d'Ungheria" (1689) dengan rekan penulis Matteo Egizio, dan "lagi! Di Europa" (1693). Pada saat ini Gemelli ditemui frustrasi dengan profesi hukumnya. Dia diberi kesempatan tertentu karena ia tidak memiliki asal aristokratik mapan. Akhirnya, ia memutuskan untuk menangguhkan karirnya untuk perjalanan round-the-dunia. Perjalanan selama  lima tahun ini akan menyebabkan ia menjadi terkenal dengan bukunya enam volume, Giro Del Mondo (1699).
 

Dunia pelayaranGemelli Careri menyadari bahwa ia bisa membiayai perjalanannya dengan hati-hati membeli barang pada setiap tahap yang akan memiliki nilai lebih dengan tahap berikutnya: di Bandar-Abbas di Teluk Persia, ia menegaskan, wisatawan harus mengambil "kurma, anggur, roh, dan semua buah dari Persia, yang satu membawa ke India baik kering atau acar dalam cuka, di mana yang membuat keuntungan yang baik "
Peta daerah sekitar Mexico City, terpusat pada de Lagune besar Meksiko. Banyak desa yang terletak termasuk Pachuca, Tacoma, Atlapilco, Tolodyuca, Tetlapanaloya, dan Apazco.Judul gambar diambil dari terjemahan Perancis dari buku: "Voyage du Tour du Monde"

Gemelli Careri memulai perjalanan dunia di 1693, dengan kunjungan ke Mesir, Konstantinopel, dan Tanah Suci. Pada saat itu, rute ini Timur Tengah sudah menjadi bahan standar dari ekskursi apapun menjadi tanah asing, kenaikan yang nyaris tidak layak menulis tentang rumah. Namun, dari sana 'wisata' Italia akan mengambil jalan yang jarang dilalui. Setelah menyeberangi Armenia dan Persia, ia mengunjungi India Selatan dan masuk Cina, dimana para misionaris Yesuit diasumsikan bahwa seperti pengunjung Italia tidak biasa bisa menjadi mata-mata bekerja untuk Paus. Ini kesalahpahaman kebetulan dibuka untuk Gemelli banyak pintu yang paling tertutup rapat negara. Dia harus mengunjungi kaisar di Beijing, menghadiri perayaan Festival Lentera dan tur Tembok Besar.
Dari Makau, Gemelli Careri berlayar ke Filipina, di mana dia tinggal dua bulan sambil menunggu keberangkatan dari Manila galleon, yang ia membawa air raksa, untuk keuntungan 300% di Meksiko. Sementara itu, sebagai Gemelli menggambarkannya dalam jurnalnya, perjalanan setengah-tahun-panjang melintasi samudra ke Acapulco adalah mimpi buruk diganggu dengan makanan yang buruk, ledakan epidemi, dan badai sesekali. Di Meksiko, wisatawan Italia menjadi selebriti dengan cara sederhana, menceritakan anekdot-nya berulang-ulang untuk bangsawan lokal. Rasa ingin tahu tak terpuaskan Nya akan membawanya melampaui ibukota, mengunjungi kota-kota tambang beberapa dan reruntuhan kuno Teotihuacan. Setelah lima tahun mengembara seluruh dunia, Gemelli akhirnya dalam perjalanan kembali ke Eropa ketika ia bergabung dengan armada harta karun Spanyol di Kuba.

Selama bertahun-tahun para sarjana dan ahli tidak menganggap perjalanan petualang Gemelli Careri yang otentik. Dengan waktu, bagaimanapun, kebenarannya terbukti, dan itu juga dipastikan bahwa dia mengumpulkan dokumen sejarah penting untuk mengetahui realitas yang eksotis secara lebih rinci. Memang, volume keenam Giro Del Mondo, yang hanya mencakup Meksiko, berisi informasi yang dikumpulkan dari naskah kuno yang ada sebelum Penaklukan, melainkan juga berisi ilustrasi beberapa prajurit Aztec dikumpulkan dari naskah kuno. Di New Spanyol, Gemelli Careri memiliki kesempatan untuk mempelajari piramida hati-hati (afinitas mereka untuk piramida Mesir membuat ia menjadi yakin bahwa orang Mesir kuno dan Amerindian baik keturunan dari penduduk Atlantis).
Sebuah rilis 1849 dari Review Calcutta (berkala sekarang telah diterbitkan oleh Universitas Kalkuta), menyatakan hal berikut tentang tulisan-tulisan Gemelli tentang anak India: "Dalam sejumlah sebelumnya Review ini kita melakukan upaya untuk menjelaskan sesuatu Pengadilan dan Camp dari terbaik dan paling bijaksana pangeran Muhainmedan India yang pernah melihat (Aurungzebe, kaisar Mogul Hindustan) ... Untuk ini kita didesak oleh dua pertimbangan utama, karakter zaman, dan materi di perintah kita .... kerja Sir HM Elliot telah bertemu dengan ..., sampai batas tertentu, kritik yang merugikan, dan beberapa keraguan telah dibesarkan untuk kesehatan, atau keadilan, dari kesimpulannya. Oleh karena itu (mungkin bahwa pembaca mungkin bersedia) untuk membaca dengan teliti deskripsi Pemerintah Aurungzebe, yang diambil bukan dari sejarawan asli, tapi dari rekening orang-orang yang melihat dengan mata wisatawan.

Dari tiga orang, yang semuanya mengunjungi India pada masa pemerintahan Aurungzebe, yang paling berharga dan informasi yang paling penasaran dicapai ... Yang kedua dari tiga serangkai, pada siapa kita terutama mengandalkan, adalah Dokter John Francis Gemelli Careri. Rasa ingin tahu alami dan kemalangan domestik, ia mengatakan, motifnya untuk bepergian. Dari tiga (sumber tulisan ini didasarkan), dia adalah yang paling diskursif dalam narasi nya, yang paling gurih di anekdot nya, yang paling lucu dalam kesederhanaan. Sebagai ia melakukan perjalanan untuk tidak ada Tujuan satu tertentu, tetapi untuk melihat dan untuk mendengar, ada topik India beberapa, pada yang ia tidak memberi kita sesuatu. Alam produksi, binatang dan burung-burung, perilaku, Hindu teologi, maksim negara, penyebab supremasi Portugis dan degradasi, anekdot perkemahan, biara, dan Harem, kecelakaan oleh air dan tanah, keluhan ketidaknyamanan pribadi, dan komentar pada kecenderungan despotisme Timur, tersebar deras di seluruh sebuah narasi, yang berutang sangat banyak dengan keaktifan penulis sendiri dan observasi, tapi kadang-kadang sesuatu, kita dipaksa untuk mengatakan, untuk tenaga kerja orang lain yang telah pergi sebelumnya. Plagiarisme Nya, bagaimanapun, terbatas pada spesifikasi kasta atau keyakinan. Di mana ia melihat atau mengalami secara pribadi, ceritanya jelas, indah, dan kecurigaan "

sumber : Wikipedia
terjemahan Indonesia : Mail si Anak Gawah.

1 komentar:

  1. kita juga punya nih artikel mengenai 'Backtracking', silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya

    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/9195/1/presentasi%20sidang%20whisnu2%281%29.pdf

    terima kasih
    semoga bermanfaat

    BalasHapus