expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

CERPEN

Sabtu, 20 Oktober 2012

Sarung Tenun Samarinda













Perjalanan saya saat ini boleh di bilang beda...karena, seseringnya saya samarinda hanya sebatas jalan - jalan biasa dan untuk keperluan pekerjaan atau untuk keperluan organisasi.

Perjalanan saya kali ini menuju Kampung Tenun Samarinda bersama dengan tim dari BChanel TV untuk program acara TREKER setelah sebelumnya keliling kota balikpapan.



Sekitar 2 (dua) jam perjalanan dari balikpapan untuk mencapai Kampung Baqa dan Kampung Masjid yang berada di Samarinda Seberang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, tempat di mana para pengrajin Kain Tenun Samarinda, di sini juga terdapat bangunan masjid tertua di Samarinda yakni masjid Shiratal Mustaqiem.




Aktivitas para penenun langsung bisa kita rasakan, dimana suara kletak kletok alat tenun milik warga hampir di seluruh rumah warga. Sekitar 70% warga penenun berada di Kampung Masjid dan sisa'a berada di Kampung Baqa.










Bahan utama dari sarung tenun samarinda adalah benang sutera cina dan katun, dan yang menarik dari pembuatan sarung tenun ini adalah proses pewarnaan yang menggunakan bahan organik yang berasal dari kayu ulin dan kulit bawang.

Soal harga kain...di sini kita bisa dapatkan harga yang relatif terjangkau dari kisaran 200ribuan, 700ribuan sampai yang harga 1jutaan...tergantung motif dan bahan yang di gunakan...dan serunya..!!!..kita bisa melihat langsung proses pembuatannya llooohhh...asyyiiikkkaaaannn....




 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar